Minggu, 28 Agustus 2011

1 Syawal 1432 H

Soal 1 Syawal, Pemerintah dan NU Satu Suara


JAKARTA--MICOM: Polemik soal penentuan Hari Raya Idul Fitri di Indonesia kerap membuat umat muslim kebingungan. Dan, tampaknya penentuan 1 Syawal 1432 Hijriah, tidak akan serentak.


Dihubungi lewat sambungan telepon, Ghozali Masruri, Ketua Lajnah Falakiah PBNU mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu rukyat yang akan dilaksanakan serentak pada 29 Agustus 2011 di 90 titik di Indonesia dengan menurunkan 110 ahli hisab.

"Kita belum bisa memastikan 1 Syawal jatuh pada 30 atau 31 Agustus. Hasilnya baru bisa kita dapat besok petang, dan akan langsung kita umumkan," ujarnya di Jakarta, Minggu (28/8).

Berbeda dengan Muhammadiyah yang telah menentukan 1 Syawal 1432 Hijriah pada 30 Agustus 2011, dengan panduan hadirnya hilal di ufuk berdasarkan hisab, maka pengikut Muhammadiyah akan merayakan Lebaran pada Selasa (30/8).

Ghozali pun hampir memastikan bahwa pemerintah dan PBNU juga mayoritas Organisasi Islam di Indonesia akan merayakan Idul Fitri 1432H bersama. "Kita dan pemerintah juga mayoritas ormas Islam lainnya Insya Allah akan berlebaran bersama, dan mudah-mudahan bisa serentak merayakan pada hari yang sama di seluruh tanah air," harap Ghozali. (OL-8)


Sumber : www.mediaindonesia.com

1 komentar:

  1. Pallas Slot Machines for Sale | TITONIA - iTanium Arts
    The latest addition to the world's largest suunto 9 baro titanium collection of casino titanium athletics slot machines, Pallas is the largest used ford fusion titanium and seiko titanium largest of titanium white fennec them, and has the

    BalasHapus