Kamis, 09 Februari 2012

Penyebaran Virus Rangsa

Salam Pramuka, , ,
Setelah kita berkecimpung kurang lebih 5 tahun dalam dunia akting dan theater Arek Bayu SMAN 1 Gending akhirnya kita menemukan aktifitas baru yaitu Ekstra yang juga tak kalah bermanfaat. Gerakan Pramuka, dimana Pramuka pertama yang kita didik adalah Pramuka Penggalang Pangkalan Bayu One SMPN 1 Gending yang sudah beranjak masuk tahun ke-3.
Yang kemudian menyebar ke Pramuka Penggalang Pangkalan Arsema SMPN 1 Maron yang sekarang memasuki tahun ke-2. Tak kalah seru juga Ekstra PMR Cemara SMPN 1 Maron yang juga kita latih kurang lebih memasuki tahun pertamanya. Dan sekarang yang masih hangat adalah Pramuka Penegak Ambalan Air Langga dan Putri Dharmawangsa SMAN 1 Gading. Dan Lambang disamping adalah tanda Kehormatan Ambalan. Akhirnya menyebar luaslah Nama Arek Bayu One Community ke hampir segala penjuru. hehe
Berikut ini adalah Arti Makna Lambang dari Ambalann Air Langga dan Putri Dharmawangsa SMAN 1 Gading. 
Tanda-tanda pada gambar :
1.      1 Tombak Trisula
2.      1 Bunga Mawar Hitam
3.      Bentuk Bingkai Menyerupai Hati
Yang mengandung makna :
1.      Tombak Trisula :
-         Memiliki 3 mata tombak yang melambangkan janji – janji seorang Pramuka Penegak Ambalan Air Langga dan Putri Dharmawangsa (Tri Satya)
-         1 Tombak Trisula melambangkan ambalan penegak Air Langga dan Putri Dharmawangsa yang hanya memiliki 1 tempat untuk menempa diri yaitu Penegak SMAN 1 Gading
-         Tombak Trisula posisi menghadap keatas melambangkan kekuatan bersama untuk saling menjaga satu sama lain dan siap menghadapi apapun rintangan yang menghadang tidak lain adalah dari Allah SWT yang senantiasa melindungi umat-Nya.
-         1 mata tombak menghadap kebawah melambangkan kesediaan Penegak SMAN 1 Gading untuk membantu yang lemah (peduli sesama).
2.      Bunga Mawar Hitam
-         Bunga Mawar Hitam melambangkan Keindahan yang tak mudah gugur meskipun saat jatuh.
-         Terletak menempel pada Tombak Trisula yang berarti selalu mengharumkan nama Pangkalan dan Ambalan Tercinta.
-         Hanya 1, tetapi bisa berkembang menjadi jutaan bahkan miliaran untuk lebih memperkuat semangat berkarya.
-         Memiliki 10 Kelopak Bunga yang melambangkan Dasa Dharma Pramuka Penegak Ambalan Air Langga dan Putri Dharmawangsa
3.      Bentuk Bingkai menyerupai Hati
-         Walaupun terdapat perbedaan dalam satu Ambalan, tetapi tetap dalam satu hati untuk saling menyayangi satu sama lain.
Kesimpulan :
Pramuka penegak yang saling mengisi satu sama lain. Ambalan Air Langga Memiliki Tri Satya dan Putri Dharmawangsa yang memiliki Dasa Dharma untuk saling diterapkan satu sama lain dalam kekompakan dan kasih sayang.

Mudah-mudahan kami bisa lebih membentangkan sayap lebih lebar lagi ke segala penjuru. Amiin . . .
Terima Kasih . . . 
Salam Pramuka . . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar