Kamis, 25 Agustus 2011

Outdoor Games Pramuka - Estafet Air


Salam Pramuka...!!!     

Kakak-kakak yang kami cintai, Pramuka tidak akan menarik kalau tidak ada kegiatan yang seru dan menantang, dapat diibaratkan kopi tanpa gula, atau sepatu tanpa kaus kaki, atau sambal tanpa cabai...hehehe.... Baiklah, berikut ada sebuah permainan yang sangat menarik dan beberapa kali diperaktekan namun tetap saja terasa seru dan lucu. Permainan ini biasa disebut dengan Estafet Air. Hmmm,,,,seperti apa ya kira-kira? berikut rinciannya.



Permainan ini bersifat adu kecepatan antar kelompok, jadi minimal ada 2 kelompok yang mengikuti permainan ini. Pada simulasi kali ini pasuda terbagi menjadi 2 kelompok saja, sehingga segala sesuatu yang diperlukan adalah sebagai berikut :
  • Peralatan:
1.      2 buah ember berisi air penuh
2.      2 buah botol air mineral yang berukuran seperti gelas yang telah dilubangi bagian bawahnya seukuran jari tangan.
3.      2 Buah botol besar.

  • Gambaran :
1.      Peserta dibagi menjadi dua kelompok dengan jumlah sama dan duduk secara berbanjar
2.      Peserta paling depan menghadap sebuah ember yang telah berisi air penuh dengan tangan memegang botol air mineral yang telah dilubangi bawahnya
3.      Peserta paling belakang memegang botol besar untuk diisikan air yang didapat dari peserta di depannya.
4.      Setelah hitungan ketiga permainan dimulai.
5.      Peserta paling depan mengambil air dengan botol air mineral dengan menutup lubangnya dengan jari.
6.      Peserta memberikan gelas yang berisi air kepada peserta di belakangnya melalui atas kepala, tidak boleh lewat samping. Jadi apabila kurang cekatan bisa basah semua dah...
7.      Botol besar yang berisi air terbanyak adalah pemenangnya
  • Tujuan :
1.      Kerja sama tim.
2.      Mengatur cara kerja yang efektif.
3.      Pembagian tugas/ menempatkan personil dengan tepat.
4.      Kekompakan antar anggota dan seluruh anggota regu.

Estafet ini bisa juga diganti dengan kartu atau benda yang lain, dan dilakukan dengan menyanyi bersama oleh Kakak Pelatih / Pembina dan diikuti oleh adik-adik. Demikian permainan ini semoga bermanfaat buat kakak-kakak sekalian. Salam Pramuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar